Ads 468x60px

Pages

Sabtu, 02 April 2011

Mantan Dekan Fakultas Sastra Terbukti Tidak Plagiat

USU, suarausu-online.com - Tuduhan plagiarisme yang menerpa mantan Dekan Fakultas Sastra (FS), Prof Wan Syaifuddin terbukti tidak benar. “Pihak Universiti Sains Malaysia telah mengeluarkan surat yang membuktikan Saya tidak bersalah,” terangnya di Sekretariat SUARA USU, Jumat (25/3).

Isi surat tersebut menjelaskan tesis Wan Syaifuddin tidak menjiplak tesis milik dosen FS, Irwansyah yang berjudul, Syair Puteri Hijau: Telaah Sejarah Teks dan Resepsi (1989). “Mungkin dia tidak paham dengan metologi yang saya gunakan,” ucapnya.

Wan menjelaskan tesisnya yang berjudul Syair Lisan Masyarakat Melayu Deli, Tumpuan Khusus Terhadap Syair Puteri Hijau (1993) bertolak belakang dengan tesis Irwansyah, karena Putri Hijau adalah sebuah legenda.

Berulang kali Wan menjelaskan naiknya ia sebagai dekan lah yang menyebabkan tuduhan ini diangkat. “Kasus ini berkaitan dengan suksesi pemilihan saya sebagai dekan beberapa waktu yang lalu,” paparnya.

Bisru Hafi, Kepala Bidang Humas USU menjelaskan pihak universitas telah memutuskan Wan Syaifuddin tidak melakukan plagiat. Pihak universitas pun tak mengambil tindakan secara institusi kepada Irwansyah. “Semua dikembalikan lagi pada Wan Syaifuddin,” paparnya, Selasa (29/3).

Untuk saat ini Wan memilih menempuh jalur kekeluargaan terlebih dahulu. Ia masih berpikir dan menunggu permintaan maaf dari Irwansyah. “Dalam minggu ini saya membuka pintu maaf, namun kalau tidak ada akan ditempuh lewat jalan hukum,” ucapnya. Ia juga menambahkan sebaiknya USU memberikan sanksi kepada Irwansyah akan kasus ini. (M.Januar)

0 komentar:

Posting Komentar